Friday, December 9, 2011

Masih Pedulikah sama Tagihan Telepon Rumah?? Yes, U have to!!

Duh hari gini ngomongin telepon rumah, basi banget deh kayaknya..orang-orang udah pada BBM-an, gw masii aja ngomongin telepon rumah. Hey! Pergilah kau pikiran-pikiran negatif dari otak ku.. Gw yakin kok gak basi. Cuma pengen share pengalaman aja.

Yup, gw masi pake telepon rumah untuk keperluan-keperluan tertentu. Kalo Handphone (HP) gw lagi gak ada pulsa dan ada sms masuk, biasanya gw langsung telepon orang yang nge sms gw, dan tentunya telepon rumah penting banget buat komunikasi sama orang-orang yang ada disekitar gw yang emang gak pake HP.
Dulu, tiap awal bulan gw paling sering ngecek tagihan telepon rumah gw. Gak Cuma telepon rumah gw aja yang dicek, tapi punya tetangga gw, temen gw, sodara-sodara gw juga. Iseng ajah sih cuma pengen tau berapa tagihan telepon mereka. Yakin deh, dulu sebelum jaman nya HP ada, tagihan telepon pada bengkak semua kan?!! Ayoo ngaku!! 

Nah karena HP yang udah mulai booming, telepon rumah jadi agak terlupakan. Tagihan pun langsung turun drastis. Biasanya bayar ratusan ribu atau bahkan ada yang sampe jutaan, sekarang cuma bayar abodemen nya ajah, kalopun dipake, palingan kena pulsanya Rp. 2000-5000. Jadi kalo abodemen nya Rp. 32.600 ditambah pulsa Rp 5.000 berarti bayar tagihan teleponnya sekarang sekitar Rp. 37.600-an..Pokoknya paling mahal juga Rp. 60.000. 

TAPI, setelah sekian lama bayar tagihan telepon dengan uang Rp 60.000 pun cukup, bulan November lalu gw agak syok yah, karena tagihan telepon rumah gw mendekati angka Rp. 100.000!!! Bingung gak tuh, jadi tiba-tiba melonjak. Padahal dipake juga jarang.. Banyakan telepon masuk malahan daripada telepon keluar. Akhirnya dicek lah ke 109. Dan KAGET+ GAK NGERTI, bisa ada tambahan BIAYA RESTITUSI/REDUKSI yang besarnya +/- Rp. 37.000. 

Saat itu gw belum nanyain langsung ke telkomnya apa yang dimaksud dengan biaya restitusi/reduksi tersebut (Nah, ini nih salah gw kenapa gak lapor/nanya ke telkom cepet-cepet). Barulah pas bulan Desember ini, tepatnya hari ini gw cek kembali tagihan telepon rumah gw, dan bulan ini gw mesti bayar Rp. 82.775, dengan rincian:
Abodemen                                 : Rp. 32.600
Pulsa lokal                                  : Rp. 2.250
Pulsa seluler lokal                       : Rp. 2.900
Biaya restitusi/reduksi                 : Rp. 37.500 +
TOTAL                                     : Rp. 75.250
PPN 10%                                  : Rp. 7.525   +
Total tagihan                               : Rp. 82.775

Oke, jadi kalo tanpa biaya restitusi/reduksi gw harus bayar sekitar Rp. 41.525. Akhirnya, saat itu juga gw langsung telepon ke 147 buat minta penjelasan apa yang dimaksud dengan biaya restitusi/reduksi tersebut. Rincian percakapan gw sama operator (yang gw inget yaa):

Operator (O) : Telkom selamat pagi, dengan XXXX ada yang bisa kami bantu

Rini (R) : Iya mba ini saya mau nanya, kalo biaya restitusi/reduksi itu apa yah?

O : Maaf, dengan siapa saya bicara?

R : Rini
(terus Operatornya minta no telepon rumah gw, langsung gw sebutin)

O : Maap sebelumnya apakah Ibu (dia panggil gw Ibu donk, Damn!!) pernah ditelepon oleh pihak marketing kami yang menawarkan tarif tetap (Flat; dipake/gak teleponnya tetep bayar minimal Rp. 75.000)?

R : Tidak (gw juga tanya Mama apa pernah ada marketing telkom yang nelepon, dan kata Mama gak ada. Kalo Bapak gw gak perlu ditanya lah, Bapak kan dikantor. Lagian kalo telepon dari telkom selalu ke telepon rumah gak pernah ke HP Bapak).

O : Maap, berdasarkan data kami, no telepon Ibu terdaftar sebagai pelanggan dengan tarif tetap Rp. 75.000 per bulan. Dengan fasilitas BEBAS ABODEMEN, gratis telepon lokal 200 menit, seluler------------------- (gw gak inget apalagi fasilitasnya).Adapun kelebihan pemakaian akan ditambahkan terhadap biaya bulanan yang Rp. 75.000

R : Apaaaaa?!!! Maap yah Mba, saya merasa tidak pernah ditelepon oleh pihak marketing telkom. Dan saya juga tidak pernah merasa ikut serta/mendaftarkan no telepon rumah saya pada program tersebut! 

O : Iya Bu, tapi no ibu terdaftar sebagai pelanggan tarif tetap kami------------------------------------------- (Operator ngejelasin lagi tentang fasilitas-fasilitas yang didapat). Sayang sekali Bu kalau fasilitas gratis nelponnya tidak dipakai.

R : Lah, Saya kan gak tau Mba, kalo aja saya emang tau, pasti gratisannya saya juga pake! Ngapain udah bayar tapi gak saya pake, kan aneh! Lagian kalo tadi Mbak bilang gratis abodemen, kayaknya gak tuh, saya cek juga masih dikenain abodemen kok.

O : Iya Bu, tapi memang sudah tarif flat Rp. 75.000

R : Yaudah deh Mbak, sekarang Saya gak mau ikutan program tarif tetap. Saya pake tarif yang biasa ajah!

O : Kalau Ibu mau berhenti, silahkan Ibu buat laporan kepada kami.

R : Terus saya mesti lapor kemana dan ke siapa? 

O : Di 147 Bu.
(Gw rada cengo, Gw kan lagi ngobrol sama operator 147 juga *bingung*)
O : Jadi, karena Ibu sudah dilayanan 147, Kami langsung buatkan laporannya sekarang.

R : ooohh!!!! Pokoknya saya mau berhenti dari layanan tarif flat yah Mbak.

O : Iya, sudah kami buatkan laporannya. Silahkan Cek kembali 1 minggu mendatang.

(R & O sama-sama mengucapkan terimakasih ;p)

Sebenarnya gw jadi merasa jadi korban ‘pencurian pulsa’. Tanpa ada pemberitahuan, tau-tau dikenai biaya restitusi/reduksi. Harusnya kalo memang ada pihak marketing telkom yang nawarin program itu via telepon, untuk validitas persetujuannya gw rasa lewat surat via pos lebih enak deh. Biar ada hitam diatas putihnya. Kalo ada apa-apa kan jadi enak. Tidak ada yang merasa dirugikan ataupun merugikan. Gak Cuma gw aja yang ngalamin gak dapet telepon dari marketing telkom. Sodara-sodara gw pun sama. Mereka bingung sama tagihan telepon yang jadi naek ‘lagi’. Oke, biaya restitusinya Cuma Rp. 37.500. Tapi bayangin deh kalo dikaliin sama jumlah pelanggan telkom yang nyampe jutaan itu (dengan kemungkinan sekitar X% yang gak dapet pemberitahuan dari marketing telkom), kerugian pelanggan berapa coba?? Bisa jadi Milyaran atau bahkan trilyunan, kan??!!

Ada rencana hal ini mau gw laporin ke Kementrian Komunikasi dan Informasi. Kalo kasus pencurian pulsa oleh Content Provider 4 digit ajah bisa mereka tangani, kenapa ‘kasus’ dengan BUMN (Plat Merah,bahkan!) gak bisa diselsaikan juga, iya gak?!! Sekalian minta ditinjau ulang tarif abodemen juga. 

Gw tau, suatu perusahaan memang harus cari keuntungan sebesar-besarnya. Karena ini BUMN, boleh lah dikatakan mencari keuntungan sebesar-besarnya untuk kemakmuran bangsa (meskipun kenyataannya gak), dan kita sebagai masyarakat harus mendukungnya. Tapi kalo caranya kayak gini, yah apa boleh buat. TIDAK GW DUKUNG SAMA SEKALI!!!

Harapan gw dengan share di blog, gw harap yang pada punya telepon rumah tolong pada dicek lagi tagihan teleponnya. Tapi, kalopun ada yang merasa tidak dirugikan dengan kebijakan telkom yang memberlakukan tarif flat yah mangga silahkan. Tiap orang punya pilihan dan pemikiran masing-masing.

2 comments:

  1. haiya bener banget jims! Aku pake flex* home di rumah n tiap bulan mesti kena charge sebesar 40rb-an meski gak dipake. gatau dah itu biaya apa aja. hm keknya aku juga musti nanya ke tel*om langsung dh. makasih infonya jim! :D

    ReplyDelete
  2. Jakarta, Aktual.com — PT Telkom Indonesia dan Perum Perumnas menandatanganani Nota Kesepahaman (MoU) terkait penyediaan Layanan Information & Communication Technology (ICT) dalam mendukung program pemerintah membangun satu juta hunian di Indonesia.

    Direktur Enterprise and Business Service Telkom Muhammad Awaluddin mengatakan, dengan melakukan penandatanganan ini artinya secara tidak langsung keduanya telah melakukan sinergi Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

    “Kerjasama ini merupakan wujud komitmen Telkom untuk turut mendukung pembangunan dan kesejahteraan bangsa Indonesia melalui pemanfaatan infrastruktur dan layanan ICT yang dimiliki telkom,” kata Awaluddin di Kantor Pusat Perumnas, Jakarta, Kamis (6/8).



    BACA SELENGKAPNYA DI :
    Dukung Program 1 Juta Rumah, Telkom Sediakan Fasilitas ICT

    ReplyDelete